Minggu, 08 Oktober 2017

Permasalahan Tata Ruang


Pengertian Ruang

Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.
Permasalahan Tata Ruang

Kali ini kami akan mengambil contoh permasalahan ruang di kota Bandung.
TATA RUANG di Kota Bandung masih tampak semrawut. Sebuah pekerjaan rumah yang harus harus dibenahi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terkesan tak pernah tuntas menyelesaikan permasalahan yang satu ini. Padahal, dampaknya bisa buruk, seperti banjir, dan kemacetan lalu-lintas yang hingga kini masih terjadi.

Tidaknya hanya itu, dampak terhadap lingkungan pun begitu terasa. Data Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menyebutkan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Bandung saat ini masih di kisaran sembilan persen. Jauh dari aturan yang seharusnya sebesar 30 persen.
Ujar Ridwansyah Yusuf Ahmad, Pakar Planologi Institut Teknologi Bandung (ITB), saat ditemui di ITB, Senin (10/3) “Kota Bandung merupakan sebuah kota yang mulai mempunyai permasalahan kompleks.  Terutama dalam masalah transportasi dan tata letak perumahan. Ketika permasalahan ini terjadi, maka masalah lainnya pun akan bermunculan,”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar